Kamis, 13 Desember 2012

Ciri-Ciri Khusus pada Hewan

Ciri Khusus pada Hewan
Setiap hewan memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan hewan lain. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi lingkungan dan cara hidupnya. Ciri khusus ini berhubungan dengan kemampuannya untuk bertahan hidup. Dengan ciri khusus yang dimilikinya, hewan dapat tetap bertahan hidup.

Cecak
Cecak bergerak dengan cara merayap. Saat merayap di dinding, cecak tidak terjatuh karena cecak memiliki perekat pada setiap ujung jari kakinya. Selain itu, cecak mempunyai kemampuan autotomi. Cecak dapat memutuskan ekornya secara tiba-tiba untuk melarikan diri dari serangan musuhnya.

Kelelawar
Kelelawar keluar dan mencari makan pada malam hari. Dalam keadaan gelap, kelelawar tidak pernah menabrak benda yang dilaluinya karena Kelelawar memiliki indra pembau dan pendengar yang tajam. Kemampuan yang dimiliki kelelawar ini dinamakan Ekolokasi.

Landak
Landak memiliki bulu keras dibagian atas tubuhnya. Bulu landak mengandung ribuan duri yang berfungsi sebagai alat pertahanan. Untuk melarikan diri dari musuhnya landak akan menggulungkan tubuhnya. Bulu kerasnya kemudian mengem-bang, dan seluruh tubuhnya dipenuhi duri tajam.

Cumi-Cumi
Cumi-cumi  memiliki banyak tangan pendek yang disebut dengan tentakel. Untuk melindungi diri dari musuhnya, cumi-cumi akan menyemprotkan tinta pekat. Cumi-cumi dapat memancarkan cahaya dari tubuhnya untuk membantu mencari makan di malam hari. 

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates