Rabu, 19 Desember 2012

Ciri-Ciri Khusus pada Tumbuhan


Ciri Khusus pada Tumbuhan
Tumbuhan memiliki ciri khusus yang mem-bedakannya dengan tumbuhan lain. Ciri-ciri ini berhubungan dengan kemampuannya menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Dengan penyesuaian diri, tumbuhan bisa bertahan hidup.
1.    Mawar
Tanaman mawar memiliki bunga yang indah. Namun juga memiliki duri yang tajam. Duri pada batang tanaman mawar berfungsi melindungi diri dari musuh.
kaktus
2.    Kaktus
Tumbuhan kaktus dapat hidup dalam berbagai kondisi. Pada kondisi tandus, daun kaktus akan mengecil atau sama sekali tidak berdaun. Selain itu, batang kaktus juga menebal dan berlapis lilin. Batang tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan air.
3.    Kantong Semar
Kantong semar termasuk tanaman yang unik. Tanaman ini memiliki kantong di bagian ujung daun. Kantong tersebut sebenarnya adalah ujung daun yang berubah bentuk. Fungsi-nya untuk menangkap hewan, terutama serangga.
4.    Teratai
Teratai tumbuh diperairan. Daun dan bunga teratai tampak dipermukaan air sedangkan akarnya berada didasar perairan . Hal ini terjadi karena teratai memiliki tangkai yang panjang. Pada tangkai dan akar teratai terdapat rongga udara untuk alat pernapasan.
5.    Putri Malu
Putri malu memiliki daun yang dapat mengatup apabila disentuh. Putri malu memiliki duru tajam meskipun sangat jarang. Duri ini berfungsi untuk melindungi diri dari serangan musuh.
6.    Rafflesia
rafflesia
Bunga rafflesia merupakan bunga raksasa. Bunga ini mengeluarkan bau busuk yang menyebabkan serangga tertarik dan mendekatinya. Ketika serangga mendekat, rafflesia akan memangsanya. Selain itu, rafflesia juga me-mantulkan cahaya. Cahaya ini akan di dekati oleh lalat. Ketika lalat mendekat, rafflesia akan memangsanya. 

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates