Kamis, 20 Desember 2012

Pemanfaatan Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan


Manusia melakukan perburuan liar terhadap hewan dan tumbuhan. Mereka memburunya untuk mendapatkan keuntungan. Manusia tidak peduli dengan kerusakan lingkungan akibat perbuatannya.
hiasan tanduk rusa
-          Manusia berburu rusa karena tanduknya yang indah. Tanduk rusa diburu manusia untuk dijadikan hiasan, untuk membuat kancing baju dan gagang pisau. Minyak rusa dihasilkan dari kelenjar perut rusa yang digunakan untuk pembuatan obat dan parfum. Kulit rusa digunakan untuk membuat sepatu atau sarung tangan.
-          Bulu ekor burung merak berbentuk kipas dijadikan hiasan dinding oleh manusia
-          Manusia memburu duyung untuk diambil dagingnya. Selain itu juga minyak duyung diyakini dapat mengobati TBC dan nyeri sendi. Manusia memanfaatkan taring duyung untuk membuat pipa rokok.
hiu
-          Hiu diburu manusia untuk diambil daging, sirip dan tulangnya. Selain itu, hati hiu juga diburu karena banyak mengandung vitamin A yang diyakini dapat mencegah kanker.
-          Kulit harimau diburu manusia untuk dijadikan perhiasan. Sedangkan tulang dan taring harimau digunakan untuk pengobatan tradisional oleh orang Asia Timur.
kipas dari kayu cendana
-          Pohon aren dimanfaatkan manusia karena menghasilkan kolang-kaling.
-          Kayu cendana digunakan untuk membuat kipas

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates